Lomba Blog Untan Membangun Ekosistem Digital & Cyber University

Posted on 5 views
Untan Membangun Ekosistem digital menuju cyber university
Untan Membangun Ekosistem digital menuju cyber university

 Di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, para pemuda harus bisa bersaing dengan warga negara asing. Oleh sebab itu, setiap universitas dituntut untuk bisa mencetak generasi muda yang memang memiliki ilmu pengetahuan luas dan mampu bersaing.

Selain itu, akhir-akhir ini kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan teknologi terus mengalami perkembangan dan peningkatan. Kesadaran masyarakat ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah perguruan tinggi yang ada. Di mana, jika dijumlahkan seluruh universitas di Indonesia bisa mencapai 4.504 buah. Rincian dari 4.504 perguruan tersebut adalah sebanyak 122 perguruan tinggi negeri (PTN) dan sebanyak 3.136 perguruan tinggi swasta (PTS).

Profil Universitas Tanjungpura

Seluruh perguruan tinggi tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, pendidikan bisa dikatakan merata. Salah satu universitas negeri yang terletak di Kalimantan Barat adalah Perguruan tinggi ini berdiri pada 20 Mei 1959. Pada saat itu, perguruan ini memiliki nama Universitas Daya Nasional, yang berstatus swasta. Kemudian, tepat di tanggal 16 Mei 1963 perguruan ini berubah nama menjadi Universitas Negeri Pontianak. Barulah, pada bulan Januari 1969 perguruan ini dikenal dengan nama UNTAN.

Menariknya, banyak sekali prestasi yang sudah diraih oleh perguruan tinggi ini sejak pertama kali berdiri. Sehingga, membuatnya semakin dikenal luas oleh masyarakat Kalimantan Barat. Selain itu, perguruan tinggi ini terus melakukan pengembangan dan pembaruan. Di mana, pengembangan dan pembaruan tersebut dimaksudkan merespon berbagai macam kebutuhan mahasiswa, orangtua mahasiswa, masyarakat pengguna lulusan dan masyarakat profesi. Untuk melakukan pembangunan dan pembaruan tersebut, perguruan tinggi ini harus melakukan langkah-langkah nyata. Salah satunya adalah dengan penataan dan penerapan kurikulum berbasis kompetensi.

Ketika awal berdiri, Universitas Tanjungpura hanya memiliki 2 fakultas. Fakultas yang dimaksud adalah fakultas hukum dan fakultas tata niaga. Pada saat itu, pengajar untuk dua fakultas tersebut merupakan para sarjana muda di Kalimantan Barat. Kemudian, ketika disahkan sebagai perguruan tinggi negeri, bertambah lagi 2 fakultas, yaitu fakultas teknik dan pertanian. Pada saat yang sama, fakultas tata niaga mengubah namanya menjadi fakultas ekonomi. Universitas ini memiliki akreditasi A. Sehingga, menjadi incaran para mahasiswa baru.

Ekosistem Digital UNTAN Menuju Cyber University

Dalam proses pembangunan ekosistem digital ini, Universitas Tanjungpura menggunakan program studi teknik informatika sebagai pusat penelitian dan pengembangan teknologi. Program studi ini dipilih karena memiliki program keahlian yang sangat berhubungan dengan dunia digital.

Ada beberapa bidang keahlian yang bisa ditemukan dalam program studi ini, diantaranya:

Pemrograman

Bidang pertama yang akan ditemukan adalah pemrograman. Di dalam bidang ini, akan diberikan pengetahuan seputar pengertian pemrograman, bahasa pemrograman, dan keterampilan dalam perancangan dan pembuatan aplikasi berbasis web dan dekstop.

Sistem Informasi Geografis

Bidang keahlian lain yang bisa ditemukan dalam program studi teknik informatika Universitas Tanjungpura adalah Sistem Informasi Geografis. Dalam bidang ini, akan diberikan keterampilan dalam mendesain data-data spasial untuk menyatakan berbagai informasi. Di mana, informasi tersebut berkaitan dengan lokasi, informasi kartografi dan teknologi.

Multimedia

Bidang selanjutnya adalah multimedia. Bidang multimedia ini, mahasiswa akan diberikan berbagai ilmu keterampilan dalam menggunakan komputer. Di mana, keterampilan tersebut digunakan untuk menyajikan dan menggabungkan gambar, teks dan suara.

Komputasi

Dalam program studi teknik informatika yang terdapat di Universitas Tanjungpura adalah komputasi. Dalam bidang ini, mahasiswa akan diberikan pengetahuan terkait keterampilan dalam penyusunan model matematika dan bagaimana teknik penyelesaian numeriknya. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan pengetahuan penggunaan komputer untuk menganalisa dan memecahkan masalah-masalah ilmu.

Jaringan Komputer

Terakhir ada bidang jaringan komputer. Pada bidang ini, mahasiswa akan diberikan berbagai pengetahuan yang berhubungan dengan topologi, infrastruktur jaringan komputer, media dan keterampilan dalam pembuatan, pemanfaat dan penggunaan terhadap struktur jaringan tersebut.

Referensi:
1. Kalbarbisa.com dibuka pada tanggal 25 Mei 2020 Pukul 1:10 AM
2. Bangfad.com dibuka pada tanggal 25 Mei 2020 Pukul 2:52 AM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *